Uncategorized

Koloni yang Disiapkan

Ini adalah cerita tentang tiga tokoh; hitam, prajurit, dan ratu. 

Dalam perjalanan memberi upeti kepada ratu, hitam bertemu dengan prajurit. Mereka menyentuhkan antenanya untuk bertukar sinyal kimia. Melalui cara itu hitam mendapatkan informasi bahwa sarangnya akan dihancurkan. Ia diminta segera betemu dengan ratu.

Dalam perjalanannya hitam memikirkan apa yang akan terjadi dengan koloninya. Memang sarangnya sangat jauh dari koloni utama, juga berada di dalam lereng yang miring. Namun sarang mereka sangat strategis untuk mendapatkan makanan, sarang nenek moyangnya. Hitam dan koloninya selalu menuruni lereng menuju lembah tempat Ratu bersarang untuk mengirimkan upeti. 

Dalam perjalanan menemani hitam, prajurit berfikir keras, ia sudah lama bekerja sebagai kaki tangan ratu. Ia bekerja secara rutin memantau kebutuhan di lereng. Ketika ia mengerjakan tugasnya,ratu memberikan nektar untuk prajurit. Siapa yang tidak suka nektar? Pati segala bunga yang memberikan kekuatan terbaik.

Dalam masa tunggunya ratu berfikir koloni hitam adalah rencana panjangnya,  saat ini eksekusinya dimulai. Tidak ada kata gagal. Daerah yang sengaja bertahun-tahun dibiarkan jauh dari kemegahan sarang utama, koloni utama. Meninggalkan koloni yang hidup untuk hidup hari ini dan esok. Stagnasi adalah cara konsisten yang dirawat.  Menekuk lutut koloni hitam tanpa penolakan adalah tujuan.

Hitam menghadap ratu

Ratu berteriak plihan ini yang terbaik karena ia membutuhkan gudang untuk pasokan kebutuhan koloni utama. Tapi ia sadar dalam hatinya ia berteriak untuk dirinya sendiri agar ia terpilih kembali menjadi ratu. Ia merasa kebaikan adalah salah satu hal yang bisa dijual untuk menarik simpati koloni utama.

Prajurit berteriak keputusan ini tidak adil! Menyuarakan bagaimana nasib koloni hitam. Dan mengajak koloni hitam menyuarakan hak nya. Tapi ia sadar dalam hatinya ia berteriak untuk dirinya sendiri agar ia tetap mendapat nektar. Ia tidak mau pekerjaannya hilang.

Meninggalkan hitam yang bahkan tidak paham apa yang harus diteriakkan.

(Sumber gambar: http://pestworldforkids.org)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s