Crochet-Knit-Tat

Antara Knit, Crochet, dan Tat

Semua ini bermula dari kebingunggan menggunakan terminologi dari KBBI untuk membedakan penyebutan crochet dan knit karena keduanya mengacu pada kata merajut sedangkan mereka berbeda secara teknik, alat, dan tentu saja hasilnya. Kata lain di kamus selain rajut untuk kata crochet dicantumkan merenda.. mungkin bisa-bisa saja dibuat renda dengan teknik ini dan didukung oleh benang dan hakken ukuran kecil tapi sangat jarang crafter membuat renda dengan teknik crochet, yang aku tahu hingga saat ini merenda akan lebih bagus hasilnya dengan teknik tat. Berikut ulasan super singkat untuk mengenal antara knit, crochet, dan tat 

Knit

knitting(1)  

Untuk teknik ini benang yang digunakan benang wol jenis apa saja dengan ukuran yang disesuaikan juga dengan ukuran needle nya. Disebut needle bukan berarti jarum jahit dengan ujung runcing, tapi biasanya dijual sepasang dengan panjang sekitar 30 cm. Biasanya juga ada alat lain seperti loom atau alat knit yang berbentuk U.

Crochet

ra-chicks-women-with-rheumatoid-arthritis-free-crochet-crafts Crochet dapat menggunakan benang wol atau kreasi lain yang bisa digunakan sebagai benang (ex; kain yang digunting memanjang, plastik, dll) sedangkan alat pengaitnya disebut hook atau hakken. Alatnya terdiri atas berbagai macam ukuran dan material pembentuk. Sama dengan knit akan menjadi lebih bagus jika ukuran benang menyesuaikan dengan ukuran alatnya.

Tat

shuttle-tatting 

Tat diatas menggunakan shuttle sebagai alatnya. Selain shuttle kita juga bisa menggunakan jarum yang panjangnya sekitar 10 cm. Benang yang digunakan ukurannya lebih kecil dan teksturnya pun berbeda (karena material nya berbeda juga) biasanya menggunakan DMC.

SONY DSC

In the end, memang betul kalimat apalah arti sebuah nama ketika kita melakukan salah satu dari ketiga kegiatan diatas. Ketiganya menarik dikerjakan untuk mengisi waktu luang, apalagi jika sudah jadi hasilnya. Tapi mengenal jenis alat dan kegiatannya itu akan sangat bermanfaat ketika kita ingin membeli perlengkapannya di toko! Serius, setidaknya ketika kita tidak tahu namanya atau si penjual tidak kenal istilahnya kita bisa pakai jurus terakhir dengan mendeskripsikannya. Anyway, nice to meet them; knit, crochet and tat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s